https://inoklinik.com
  1. Perbaiki pola makan sehat

Memiliki pola makan yang sehat adalah kunci dari kesehatan fisik kita. Mulailah mengurangi makanan yang berlemak tinggi, mengandung kadar gula tinggi, dan makanan jenis fast food

Ganti makanan tersebut dengan makanan yang mengandung serat tinggi seperti, sayuran dan buah-buahan. Jangan lupa perbanyak makan protein seperti, terlur, tahu, tempe, dan daging tanpa lemak. Jenis makanan karbohidrat pun bisa kamu pilih yang lebih sehat dari nasi putih biasa, seperti nasi merah, jagung, dan ubi jalar.

Lalu yang terakhir, bagi kamu para remaja, hindari minuman beralkohol dan kebiasaan merokok. Kandungan nikotin pada rokok dapat merusak sel pankreas yang berfungsi memperoduksi insulin, ini bisa mengakibatkan tingginya risiko mengidap penyakit diabetes.

2. Olahraga secara rutin

Selagi masih muda, kamu sebaiknya banyak menggerakan anggota tubuhmu. Olahraga ringan di rumah bisa menjadi solusi terbaik untuk memperbaiki pola hidup sehat. Semenjak pandemi, telah tersedia banyak tontonan dan program olahraga dari rumah.

Jangan hanya bermalas-malasan. Terlalu lama duduk menonton televisi, bermain gadget, atau bermain komputer akan membuat kamu memiliki risiko tinggi terkena penyakit diabetes. Cobalah untuk olahraga 30 menit setiap harinya. Dengan begitu, tubuhmu dapat mengelola hormon insulin dengan efektif dan kadar gula dalam darah akan terkontrol dengan baik.

3. Hindari stres berlebihan

Pada usia muda memang rentan mengidap stres dalam jangka waktu yang lama. Di sinilah sebaiknya kamu lebih pintar untuk mengatur emosi dan pikiran agar tidak menjadi beban yang membuat kamu stres. Jika kamu stres, tubuh otomatis melepaskan hormon stres (kortisol) yang menyebabkan tingginya kadar gula dalam darah. 

Ukur kembali tingkat stresmu hari ini. Jangan terlalu memaksaka diri, istirahat secukupnya jika sudah lelah. Konsumsi hal-hal yang membuat mood kamu jadi lebih baik. Tapi hindari makan berlebihan saat sedang stres, karena berat badan di atas batas normal adalah salah satu faktor mudahnya terkena penyakit diabetes.

Tiga hal di atas adalah kegiatan sederhana yang bisa kamu lakukan sehari-hari. Jangan tunggu sampai kamu merasakan sakitnya, cegah sedini mungkin. Kalau kamu sehat, kamu pun bisa membantu orang-orang di sekitarmu untuk ikut menerapkan pola hidup yang sehat. Oh iya, jangan lupa cek tingkat gula darahmu, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *