Pengurangan jumlah penggunaan kertas mulai diterapkan oleh orang-orang di berbagi tempat. Slogan “Go Green” semakin hari semakin banyak digaungkan. Banyak kantor-kantor yang sudah mulai mengganti sistem administrasi manual dengan sistem digital.
Sayangnya, masih banyak klinik di Indonesia yang mengerjakan urusan administrasi secara manual atau ditulis langsung pada buku arsip. Padahal cara tersebut memiliki banyak kelemahan seperti hangus saat terjadi kebakaran, basah jika terjadi banjir, hilang atau rusak karena termakan usia dan masih banyak lagi.
Pengarsipan sebuah administrasi secara konvensional dinilai banyak membuang waktu dan tenaga, serta tidak ramah lingkungan karena penggunaan kertas yang berlebihan. Belum lagi penumpukan arsip yang semakin hari akan semakin banyak.
Salah satu cara untuk menangani masalah di atas adalah dengan menggunakan aplikasi Inoklinik. Software klinik tersebut akan mengurangi penggunaan kertas atau papperless. Banyak pekerjaan yang berhubungan dengan administrasi atau berbagai arsip menjadi lebih mudah.
Aplikasi Inoklinik hadir sebagai software klinik yang efektif dan inovatif. Banyak fitur yang terdapat pada aplikasi tersebut mulai dari rekam medis elektronik, pendaftaran pasien, master data, inventory, laporan, transaksi, billing, pelayanan, data ketersediaan obat, dan masih banyak lagi.
Aplikasi Inoklinik akan terintegrasi secara langsung dengan berbagai kebutuhan administrasi pada sebuah klinik. Sehingga hanya dengan menggunakan satu aplikasi akan membantu urusan manajemen klinik menjadi lebih baik, cepat, dan mudah.
Fitur Unggulan Aplikasi Inoklinik
Aplikasi Inoklinik ini menjadi software klinik yang direkomendasikan bagi berbagai klinik di Indonesia dan sebagai salah satu upaya untuk menghemat penggunaan kertas atau papperless. Oleh karena itu, berikut beberapa fitur unggulan yang terdapat pada aplikasi tersebut:

  1. Kategori Pasien
    Aplikasi Inoklinik memberikan kemudahan untuk mengategorikan setiap pasien, berdasarkan gejala yang timbul pada dirinya. Kategori tersebut sangat beragam seperti self care, minimal care, intermediate care, mothfied care, dan intensive care.
  2. Form Pendaftaran
    Data pendaftaran pada pasien seringkali menumpuk, tercampur, dan tak jarang hilang. Sehingga, untuk meminimalisasi masalah tersebut aplikasi Inoklinik hadir untuk merekap semua data form pendaftaran yang diisi oleh pasien.
  3. Demografi Pasien
    Pasien-pasien yang hadir pun bisa dilihat perkembangannya melalui fitur demograsi pasien.
  4. Rawat Jalan
    Fitur ini hadir untuk memberikan kemudahan dalam mengatur data pasien dan memberikan pelayanan pada pasien yang menjalani rawat jalan.
  5. Rawat Inap
    Biasanya prosedur untuk dapat dirawat inap berdasarkan saran dokter, seringkali mengalami kendala karena prosesnya yang memakan waktu lama. Melalui aplikasi Inoklinik ini, proses administrasi hingga pemilihan kamar yang tersedia bisa dikerjakan dengan cepat dan efektif, sehingga pasien tidak perlu menunggu lama.
  6. History RM Pasien
    Setiap rekam medis pasien yang ditulis oleh dokter, bisa terinput pada aplikasi Inoklinik ini. Sehingga untuk mengetahui penyakit pada pasien yang pernah diperiksa sebelumnya akan mudah ditemukan, terutama jika seandainya hilang atau terdapat masalah lain.
  7. Billing/Kasir
    Fitur berfungsi sebagai loket pembayaran bagi pasien yang telah diperiksa. Fitur pada aplikasi ini pun mampu melihat pasien yang sudah menebus obat atau pun belum.
  8. Data Master
    Data master yang terdapat pada aplikasi Inoklinik ini sangat beragam. Mulai dari master apotek, master SDM, master rawat inap, master poliklinik, master billing, export atau import Excel.
  9. Gudang Apotek
    Gudang apotek terdiri dari defecta, pemesanan, retur supplier, inkaso, stok tertahan, pemusnahan obat, stok opname.
  10. Laporan
    Laporan pun memiliki banyak ragam fungsi sebagai laporan gudang apotek, laporan pos apotek, laporan stok, laporan klinik, dan laporan rawat inap.

Berdasarkan pemaparan di atas, tidak ada alasan lain untuk tidak memilih aplikasi Inoklinik sebagai aplikasi penunjang dalam berbagai proses administrasi di sebuah klinik. Oleh karena itu, segera lah ubah cara-cara konvensional pada klinik Anda dan beralih dengan cara diginal. Mulailah juga gaya hidup ramah lingkungan dengan cara mengurangi penggunaan kertas atau papperless.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *