https://inoklinik.com

Tingkat kepuasan pasien terhadap layanan sebuah faskes/klinik dipengaruhi oleh banyak faktor dan salah satunya ialah dipengaruhi oleh faktor hubungan/komunikasi yang baik oleh faskes/klinik kepada pasien. 

Dan ternyata pengalaman pasien berobat di suatu faskes/klinik tidak hanya fokus pada pengalaman pada proses pengobatannya saja tetapi juga pengalaman dari proses yang lain seperti layanan pada bagian pendaftaran, layanan pada bagian apotek, layanan pada bagian kasir, juga sampai dengan layanan/komunikasi dengan petugas kebersihan atau petugas parkir.

Banyak terjadi pasien merasa puas dan merasa dekat dengan suatu faskes/klinik walaupun sebenarnya fasilitas yang ada pada faskes/klinik tersebut tidak selengkap dibanding faskes/klinik yang lain. Setelah dilakukan survey terhadap pasien klinik tersebut mengapa mereka merasa puas akan pelayanan faskes/klinik tersebut, sebagian besar memberi jawaban bahwa selain biaya berobat yang tidak mahal juga para petugas di faskes/klinik tersebut sangat ramah dan seakan – akan sudah seperti keluarga.

Ternyata begitu besarnya dampak komunikasi yang baik terhadap tingkat kepuasan pasien akan layanan sebuah klinik, berikut beberapa tips untuk menjaga relasi hubungan yang baik kepada pasien:

  • Tiap lini pelayanan memberikan pelayanan yg ramah, sopan dan tuntas.

Hal tersebut sangat penting sekali karena orang yang berkunjung ke faskes/klinik tentunya adalah orang yang sedang membutuhkan bantuan dan pertolongan, maka perlu ditanamkan budaya empati dan siap membantu, dengan demikian pasien akan merasa nyaman dan yakin akan pelayanan suatu fasilitas kesehatan/klinik.

  • Sampaikan pemahaman yang lengkap kepada pasien sampai pasien paham tentang kondisi kesehatan sebenarnya.

Pasien haruslah memahami tentang kondisi kesehatan atau sakit yang sedang dialami saat ini karena dengan begitu pasien bisa menerima jika perlu diambil tindakan dan juga pasien bisa menjaga pola hidup agar kesehatannya segera pulih / terjaga.

  • Dokter perlu menginformasikan kepada pasien mengenai pengambilan tindakan dan pengobatan dan menjelaskan kepada pasien dengan baik.

Dengan begitu pasien akan merasa nyaman dan karena dapat ikut memutuskan atas tindakan yang perlu dilakukan untuk dirinya, selain itu pasien akan merasa adanya transparansi dan terlindungi dari kemungkinan tindakan medis yang dilakukan tanpa sepengetahuannya atau tindakan medis yang tidak diperlukan.

  • Selalu berikan pesan sugesti yang optimis mengenai kesembuhan.

Dengan memberikan sugesti positif mengenai kesembuhan, itu sama saja kita memberikan semangat sekaligus Doa yang baik terhadap pasien, tidak ada seorang pasien pun yang merasa tidak senang jika didoakan untuk sembuh.

  • Jangan timbulkan kesan terburu-buru.

Walaupun antrian pasien di luar ruang periksa cukup banyak, sangat tidak etis jika kita menampakkan kesan terburu buru, layaknya seperti kita sedang bertamu di rumah orang tetapi si tuan rumah menampakkan ekspresi yang tidak menyenangkan.

  • Tetap jalin komunikasi pasca pelayanan.

Setelah pasien pulang berobat dari faskes/klinik Anda, bukan berarti kita sudah tidak perlu lagi menjalin komunikasi dengan pasien, anggapan tersebut sangatlah keliru, karena pasien akan merasa diperhatikan dan dianggap ketika klinik masih memberikan perhatian walaupun hanya dalam bentuk mengirim pesan elektronik, pesan yang dikirim dapat berupa pesan ucapan terimakasih telah berkunjung/berobat, pesan reminder kujungan berobat selanjutnya, pesan reminder untuk mengonsumsi obat secara teratur serta pesan ucapan selamat ulang tahun ataupun pesan ucapan selamat hari raya. Lalu bagaimana hal tersebut dapat dilakukan karena klinik telah memiliki pasien dalam jumlah banyak bahkan ratusan ribu? Tentu amat merepotkan jika kita harus mengirim pesan satu – persatu kepada tiap pasien. Untuk mengatasi kesulitan tersebut Aplikasi Inoklinik telah mempersiapkan solusinya, dimana dengan menggunakan Aplikasi Inoklinik maka pesan-pesan tersebut dapat dikirimkan secara otomatis dan juga format pesan dapat kita setting dari Aplikasi Inoklinik, selain itu kita bisa mengetahui apakah pesan berhasil terkirim atau tidak. Cukup mudah bukan fitur kirim pesan otomatis yang telah disediakan oleh Inoklinik?? Kini Anda akan lebih dekat dengan pasien Anda dengan memanfaatkan Fitur CRM dari Inoklinik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *