https://inoklinik.com

Kecurangan yang terjadi pada bagian penjualan/kasir merupakan salah satu resiko yang sering dihadapi oleh pelaku bisnis, tak terkecuali bisnis di bidang kesehatan seperti klinik dan apotek. Hal tersebut perlu mendapat perhatian khusus dari pemilik. Karena jika pemilik tidak mendeteksi kecurangan tersebut lebih dini maka lama kelamaan kerugian yang dialami akan semakin besar. Karena bagaimanapun juga pada bisnis klinik/apotek income terbesar yang masuk yaitu melalui bagian kasir.

Berikut beberapa faktor penyebab  dan cara mengantisipasi kecurangan pada bagian kasir/penjualan:

  • Situasi yang mendukung

Mungkin sesekali perlu Anda amati kembali mengenai tata letak yang ada pada bagian penjualan/kasir, apakah tata letak tersebut menciptakan peluang untuk karyawan Anda melakukan kecurangan, jika iya perlu Anda lakukan perubahan untuk tata letak/lay out nya sehingga kecil kemungkinan untuk melakukan kecurangan, atau dengan pemasangan CCTV juga merupakan solusi yang efektif untuk mencegah kecurangan yang dilakukan oleh karyawan dan juga mencegah tindak pencurian dari orang luar.

  • Kontrol yang kurang dari pemilik

Dalam satu minggu berapa kali Anda melakukan pengecekan antara laporan keuangan dengan arus uang yang masuk dan juga dengan jumlah total stok yang Anda miliki. Jika Anda jarang melakukannya bisa jadi membuat si pelaku semakin terlena dan kerugian semakin besar.

  • Peraturan yang kurang tegas

Apakah Anda pernah membuat suatu peraturan tertulis atau suatu perjanjian kerja dengan karyawan Anda. Jika pernah coba Anda cek kembali apakah sudah ada pasal/klausul yang mengatur tentang tindak kecurangan karyawan, jika pasal/klausul tersebut belum ada maka perlu Anda tambahkan lengkap beserta konsekuensi/sanksi atas tindakan tersebut. Dengan demikian karyawan tidak akan tergoda untuk melakukan kecurangan karena tentu saja akan menerima konsekuensi/sanksi jika hal tersebut dilakukan.

  • Masih menggunakan system/pencatatan manual

Dengan menggunakan pencatatan manual maka berkas mudah hilang/sengaja dihilangkan, dengan pencatatan manual mudah dilakukan manipulasi data (ex: harga yang diterapkan ke pembeli lebih tinggi dari harga sebenarnya), mencari riwayat transaksi memakan waktu lebih lama, proses analisa laba/rugi membutuhkan waktu lebih lama, memperlambat dalam proses pengambilan keputusan. Jika menggunakan Aplikasi Inoklinik beberapa resiko tersebut tidak akan terjadi, karena inoklinik didukung dengan fitur barcode scan sehingga pelayanan lebih cepat dan terhindar dari resiko kesalahan penginputan dan manipulasi harga, dengan inoklinik mencari riwayat transaksi cukup mudah dilakukan dan tidak membutuhkan waktu lama, dengan menggunakan inoklinik laporan transaksi klinik dan apotek Anda disajikan secara lengkap sehingga Anda akan lebih mudah dalam melakukan analisa dan pengambilan keputusan.

  • System yang digunakan tidak dilengkapi pengaman/pendeteksi kecurangan

Dengan aplikasi inoklinik kecurangan akan mudah terdeteksi, karena setiap karyawan disediakan akses user masing-masing, setiap karyawan juga dibatasi hak aksesnya/tidak bisa mengakses menu yang bukan menjadi job desc nya, terdapat konfigurasi dimana tidak bisa dilakukan transaksi dengan tanggal yang sudah lewat/lampau, aplikasi inoklinik juga dilengkapi Fitur Audit Trail yang berfungsi menampilkan data data transaksi yang telah dilakukan perubahan atau penghapusan. Sehingga jika terjadi kecurangan akan mudah diketahui siapa yang melakukan, tanggal terjadi transaksinya, sampai dengan data item dan nominal produknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *