https://inoklinik.com

Hari Anak Nasional (HAN) kerap diperingati setiap tanggal 23 Juli 2021. Namun, di tengah situasi COVID-19 yang memprihatinkan seperti sekarang, peringatan HAN akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Menurut Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemenpppa), peringatan HAN menjadi salah satu kegiatan yang penting untuk mengingatkan masyarakat Indonesia agar tetap peduli dan berjuang terhadap hak-hak anak.

Apalagi di tengah situasi pandemi yang membuat anak-anak yang mengalami masalah pengasuhan dari orangtua yang terkena COVID-19. Tidak sedikit pula yang merasa kesempatan bermain dan belajarnya berkurang akibat kebijakan stay at home. Kekerasan di rumah pun tak bisa dihindari oleh anak yang harus berada di rumah 24 jam bersama keluarga.

Tema Hari Anak Nasional

Berdasarkan kasus yang timbul akibat pandemi, pemerintah mengangkat tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju” sebagai tema Hari Anak Nasional 2021. Adapun tagline yang digaungkan di media sosial adalah #AnakPedulidiMasaPandemi. Dari tema tersebut, setiap instansi atau organisasi dapat memilih sub tema yang telah disediakan, yaitu:

  1. Anak Cerdas Terliterasi
  2. Anak Gembira dengan Asah, Asih, dan Asuh
  3. Anak Sehat dan Gembira
  4. Anak Cerdas, Kreatif, dan Informatif
  5. Anak Resiliensi Tangguh dengan Kasih sayang

Perayaan Hari Anak Nasional di Tengah Pandemi

Tema yang telah ditetapkan menjadi acuan bagi kita untuk tetap memperingati HAN dalam situasi sulit yang sedang dihadapi. Tanpa mengurangi makna HAN, perayaan HAN 2021 diadakan secara online oleh pemerintah. I Gusti Ayu Bintang Darmawati, mentri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak mengharapkan bahwa peringatan HAN yang dikemas secara online dapat menjangkau lebih banyak anak dari 34 provinsi di Indonesia termasuk Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus (AMPK).

Penyelenggaraan Acara Puncak HAN tahun 2021 akan dilaksanakan pada Jumat (23/07/2021), pukul 10.00 WIB – selesai, dengan memperhatikan protokol kesehatan, baik acara yang dilakukan secara langsung maupun secara online melalui media sosial. Acara ini dapat diikuti oleh Dinas PPPA/instansi dan masyarakat Indonesia melalui Aplikasi Zoom Meeting dan ditayangkan di Youtube. ID (Identity) dan password akan diberikan H-1 sebelum acara dimulai melalui Dinas PPPA Prov/Kab/Kota.

Diharapkan dengan memperingati Hari Anak Nasional secara konsisten akan meningkatkan kepedulian masyarakat Indonesia dalam mewujudkan perkembangan anak secara wajar, baik jasmani, rohani, maupun sosial. Anak-anak di sekitar kita adalah masa depan bangsa dan negara, jadi mari kita dukung mereka agar tumbuh menjadi kebanggaan Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *