https://inoklinik.com

Sadarkah kamu jika sudah tiba musim pancaroba, kamu dan teman-teman seringkali terserang flu atau penyakit lainnya? Mengapa tubuh lebih mudah sakit di musim ini, ya?

Musim pancaroba di Indonesia terjadi pada bulan Oktober hingga Desember. Peralihan musim kemarau ke hujan ini membuat tubuh rentan terserang penyakit dan virus maupun bakteri pun mudah berkembang biak.

Dokter spesialis Telinga Hidung Tenggorokan (THT) Rusdian Utama Roeslani mengatakan bahwa tubuh akan mudah terserang penyakit jika sedang beradaptasi dengan perubahan musim. Tapi balik lagi ke imunitas masing-masing tubuh. Maka dari itu, pada pergantian musim ini, kita dianjurkan untuk menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan sehat dan vitamin.

Penyakit yang biasanya menyerang pada musim pancaroba adalah flu, batuk, pilek, dan demam. Jika daya tahan tubuhmu sedang lemah, lalu terkontaminasi dengan virus dan bakteri maka dalam 1 kali 24 jam bisa menyebabkan hidung tersumbat. Kemudian tenggorokan terasa kering dan muncul pilek. Jika tidak diatasi dengan cepat, hari berikutnya kamu bisa mengalami batuk-batuk ringan hingga berdahak.

Kamu pun pasti pernah merasakan siklus tersebut, bukan?

Cara mengatasinya cukup mudah, kok. Prioritaskanlah keseimbangan imun tubuhmu dengan istirahat dan minum yang cukup, kemudian konsumsi makanan bergizi, seperti sayuran dan buah-buahan, serta menambahkan vitamin C dalam dosis tinggi untuk mencegah virus dan bakteri berkembang lebih cepat.

Selain itu, kamu pun sebaiknya menjaga kesibukanmu agar tidak membuatmu stress dan tertekan. Jika pikiranmu saja sudah lelah, bagaimana mau memperhatikan kondisi imun tubuh? Prioritaskan pula kesehatan pikiran dan batinmu. Jika sudah terlalu lelah berpikir dan penat dengan urusan pekerjaan, segera lakukan hobi atau hal-hal yang kamu senangi.

Apalagi di kondisi pasca-pandemi seperti ini. Walaupun kasus virus Covid-19 sudah terkendali, tapi kita tidak boleh lengah. Masih ada ancaman dari varian baru virus corona, yaitu virus omicron. Jadi tetap jaga kesehatan fisik, mental, juga batinmu, ya Kawan! Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan keamanan dalam menjalani hari-hari di penghujung tahun ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *