Seperti halnya dokter, perawat pun memiliki peran yang sangat penting di rumah sakit. Kasus Covid-19 tahun ini tidak akan mudah ditangani jika tidak ada peran perawat. Dokter maupun pasien sangat membutuhkan jasanya, mulai dari menjaga kondisi pasien, membuat laporan kesehatan pasien, dan memberikan kebutuhan pasien. Selain fisik, perawat pun berperan sebagai penyemangat pasien. Memotivasi agar pasien tetap memiliki pikiran positif untuk segera sembuh.

Maka, alangkah baiknya kita dapat ikut serta memperingati Hari Perawat Nasional yang bertepatan pada tanggal 17 maret 2021. Kontribusi perawat kepada masyarakat tak bisa diabaikan begitu saja. Adanya peringatan ini diharapkan masyarakat lebih mengapresiasi jasa para perawat, Khususnya perjuangan mereka di saat pandemi seperti sekarang. Oleh karena itu, mari ketahui peran mereka untuk memahami kemuliaan jasa mereka.

Peran perawat tidak hanya merawat orang sakit. Secara umum, ada banyak peran perawat yang sesuai dengan buku panduan yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan RI, seperti berikut ini

1. Pemberi Asuhan (Care Provider)

Pemberi asuhan merupakan peran utama bagi perawat, dengan memberikan perawatan kepada pasien yang membutuhkan sesuai dengan prinsip dan etika perawat. Sebagai care provider, perawat memberikan bantuan fisik dan psikologis kepada pasien, agar kondisi kesehatannya membaik.

2. Pemimpin Komunitas (Community Leader)

Peran perawat ini berhubungan dengan lingkungan kerjanya. Kadang kala, perawat juga berperan sebagai pemimpin dalam sebuah komunitas maupun menjadi manajemen keperawatan dalam menangani pasien dengan keluhan tertentu.

3. Pendidik (Educator)

Perawat juga berperan sebagai pendidik, yakni memberikan pendidikan kepada pasien maupun keluarga dan lingkungannya. Peran ini diharapkan dapat mengubah gaya hidup pasien dan keluarganya agar menjadi lebih sehat di kemudian hari.

4.Pembela (Advocate)

Peran perawat ini dimaksudkan untuk membela hak-hak pasien atau komunitas sesuai pengetahuan dan kewenangannya. Peran ini dapat menjadi jembatan antara pasien dan dokter maupun tenaga kesehatan lain, dengan menyampaikan pendapat tentang perawatan yang diberikan.

5. Peneliti (Researcher)

Berdasarkan kompetensi dan kemampuan intelektualnya, perawat diharapkan mampu melakukan penelitian sederhana di bidang perawatan. Perawat sebisa mungkin dapat mengembangkan ide dan rasa ingin tahu, serta mencari jawaban atas fenomena yang terjadi pada pasien di komunitas maupun tempat kerjanya.

Kelima peran perawat yang telah dibahas menuntut para perawat untuk sigap di setiap keadaan. Perawat berperan aktif dalam proses penyembuhan pasien. Bersama dokter, perawat mengabdikan dirinya untuk masyarakat. Maka, di hari peringatan ini, marilah kita ucapkan syukur atas kehadiran dan ketulusan mereka selama ini. Semoga perawat dan tenaga kesehatan lain selalu diberikan kekuatan dan kebahagiaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *